Seputar Sains, Mitos dan Informasi Terkini

 
 

Indonesia Sumber Spam Terbesar

 Spam diartikan sebagai email yang tidak dinginkan atau dengan kata lain adalah sampah email atau junk mail. Tapi tahukah sobat bahwa sebagian besar email sampah tahun lalu berasal dari dua negara Asia, India dan Indonesia. Pantauan perusahaan keamanan internet di Moskow, Kaspersky Lab, menununjukkan dari semua lalu lintas email global antara Juli hingga September tahun lalu, 79,8% di antaranya adalah sampah.

Dari jumlah tersebut, 14,8% email sampah dikirim dari India, 10,6% dari Indonesia, dan 9,7% dari Brasil. Darya Gudkova, analis di Kaspersky Lab, kepada kantor berita AFP mengatakan angka statistik ini menunjukkan makin seringnya negara-negara di Asia dan Amerika Selatan dipakai sebagai tempat pengiriman email sampah. Ia mengatakan kurangnya kesadaran tentang email sampah, minimnya peraturan, dan lemahnya penegakan hukum membuat para pengirim email sampah memilih negara-negara Asia seperti India dan Indonesia.

Vijay Mukhi, analis keamanan komputer di Mumbai mengatakan pengirim email sampah bisa bergerak dengan leluasa di India, sesuatu yang tidak mungkin mereka lakukan di negara-negara lain. "Kami memiliki undang-undang teknologi informasi yang dibuat pada 2000. Namun sejauh ini tidak ada satu orang pun yang dikenai hukuman berdasarkan undang-undang tersebut," kata Mukhi seperti dikutip AFP. "Kalau saya pengirim email sampah, pasti saya akan pilih India karena saya tidak akan ditindak," katanya.

Email sampah bisa masuk ke kotak surat para pengguna internet dan biasanya berisi pesan politik, permintaan sumbangan organisasi sosial, penipuan, tawaran obat palsu, surat berantai, atau berisi virus. India memiliki 112 juta pemakai internet, pengguna terbesar ketiga setelah Amerika Serikat dan Cina. Asosiasi internet India mengatakan pemakai internet di India bertambah antara lima hingga tujuh juta orang setiap bulan.

Comments :

3 komentar to “Indonesia Sumber Spam Terbesar”

Bajang said... on 

Ternyata orang indonesia banyak yang usil juga ya...

Anonymous said... on 

yah,, lok diliat dari berita itu sih,,, bisa jadi

Jefry said... on 

semoga saja lekas sadar ya, kalau tidak ini akan membawa dampak buruk bagi kita semua dan mungkin kita akan dinilai sebagai spammer

Post a Comment

Powered by Blogger.

Search This Blog

Statistik

 
Indonesia Sumber Spam Terbesar - Science and Mythologi
Blogger Template by Blogger Mbozo Share In Premium Wordpress Themes and Blogger Template | Host In Blogger.com