Seputar Sains, Mitos dan Informasi Terkini

 
 

Diet Bisa Menungkatkan Kinerja Otak dan Ingatan


Ternyata terlalu banyak makan juga gak baik untuk otak. Menurut sebuah studi jika terlalu berlebihan makan anda mungkin akan memiliki masalah dalam ingatan. Menurut penelitian tersebut memangkas asupan makanan ke dalam tubuh dapat membantu fungsi ingatan seseorang menjadi lebih baik.

Hasil penelitian ini disampaikan oleh seorang peneliti dari Italia yang memfokuskan studinya pada pembatasan kalori, terkait dengan adanya istilah bahwa makan lebih sedikit dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan memperpanjang usia.

Peneliti tersebut adalah Givambattista Pani, yang memfokuskan penelitiannya terhadap protein yang disebut dengan CREB 1, yaitu zat protein yang dikenal sangat penting untuk ingatan dan pembelajaran.Pani menggunakan tikus untuk menguji teori tersebut. Dari hasil penelitiannya dia berhasil menunjukkan bahwa memangkas jumlah kalori dapat meningkatkan daya karena protein CREB 1 masih bisa terus diproduksi. Lebih jauh lagi, pemotongan jumlah asupan kalori disebut mampu meningkatkan jumlah protein CREB 1 yang dibuat di dalam otak. Jumlah kalori yang dipotong hanya sekitar 25 sampai 30 persen. Jika diaplikasikan ke manusia, jumlah tersebut sama dengan mengurangi asupan sebanyak 600 kalori setiap hari.

Selain penemuan ini, Dr Giovambattista Pani menemukan fakta bahwa secangkir kopi atau teh dapat memberikan manfaat karena cafein dalam menambah jumlah CREB 1 yang diproduksi dalam tubuh. "Ini hanya mengurangi sekitar 25-60 persen Kalori. Ini sama seperti tidak makan kue setelah makan," ujar ilmuwan yang berasal dari Catholic University of the Sacred Heart, Roma.

Dr Pani menambahkan bahwa hasil penelitiannya ini masih bersifat preliminary, atau tahap awal saja. Meski demikian, ia berharap kedepannya hal ini bisa dijadikan batu loncatan dalam memerangi penyakit Alzhemier. "Ini memberikan kami sebuah alat untuk melakukan investigasi yang lebih terhadap sirkuit dalam otak dan mencoba mengetahui obat apa yang bisa melakukan hal yang sama (dalam mengobati penyakit Alzheimer)," lanjutnya.

Comments :

0 komentar to “Diet Bisa Menungkatkan Kinerja Otak dan Ingatan”

Post a Comment

Powered by Blogger.

Search This Blog

Statistik

 
Diet Bisa Menungkatkan Kinerja Otak dan Ingatan - Science and Mythologi
Blogger Template by Blogger Mbozo Share In Premium Wordpress Themes and Blogger Template | Host In Blogger.com