Seputar Sains, Mitos dan Informasi Terkini

 
 

Sejarah Terciptanya Budaya Lelucon April Mop

April Mop yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan April Fools' Day diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Beberapa orang bahkan meyakini hari itu semua penipuan dan bohong seolah-olah dilegalkan. Namun, tidak ada yang tahu mengenai sejarah terciptanya budaya ini. Para ahli sejarah sendiri telah meneliti hingga berabad-abad lamanya. Asal-asul April mop masih merupakan misteri dengan banyak teori berebut untuk diakui masyarakat.

Para sejarawan mengklaim bahwa April Mop sebenarnya adalah sebuah perayaan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara Spanyol yang dilakukan lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekadar hiburan atau keisengan belaka.

Sedangkan yang lain mempercayai bahwa April mop adalah praktek kuno. Meskipun tidak dirayakan pada hari yang sama, kebudayaan kuno telah mengamati hari ketika orang-orang dapat membuat lelucon bersama. Polandia, Skotlandia, dan Denmark adalah negara-negara yang merayakan hari penuh lelucon mereka sendiri. Semua hal serius dilarang pada hari tersebut.

Namun beberapa sejarawan juga menulis bahwa asal usul April Mop ini terjadi pada tahun 1582. Saat itu Paus Gregorius XIII memerintahkan penggantian kalender Julian. Tradisi populer menceritakan bahwa beberapa orang Eropa tidak mengetahui perubahan tersebut dan terus merayakan Tahun Baru pada tanggal 1 April dari kalender Julian sebelumnya.

Prancis menjuluki 1 April dengan sebutan ‘Poisson d’Avril’ atau ‘ April Fish’ ketika anak-anak Prancis menempelkan gambar ikan pada punggung temannya. Hal ini pun langsung disambut dengan meneriakan kata ‘Poisson d’Avril’.

Di Amerika Serikat dan negara barat lainnya, lelucon April Mop akan berlangsung sepanjang hari. Namun di beberapa negara April mop hanya berlaku hingga tengah hari. Yang memainkan lelucon lewat tengah hari akan disebut ‘April Mop’. Menurut permainan anak-anak, siapa pun yang tidak berhasil memainkan lelucon pada temannya akan menjadi bahan olokan karena semua sudah menyadari lelucon April Mop-nya.

Comments :

0 komentar to “Sejarah Terciptanya Budaya Lelucon April Mop”

Post a Comment

Powered by Blogger.

Search This Blog

Statistik

 
Sejarah Terciptanya Budaya Lelucon April Mop - Science and Mythologi
Blogger Template by Blogger Mbozo Share In Premium Wordpress Themes and Blogger Template | Host In Blogger.com